Rabu, 15 Januari 2014

Cara Membuat Fondant Sendiri

Masih ingat postingku sebelumnya tentang FONDANT?? okay, sudah tau to apa itu fondant. Pada postingku kali ini akan aku jelaskan cara membuat fondant sendiri. bagi diriku, kalau beli fondant instant sangat mahal, di Manokwari belum ada yang jual fondant siap pakai. Jadi harus pesan Online, itupun ongkirnya mahal banget. jadi untuk menyiasatinya mau tidak mau ya harus bikin sendiri. 

Jika kita suka membuat bentuk-bentuk dari clay, kita juga bisa mengaplikasikan pada fondant. Fondant biasanya digunakan untuk topping kue Ulang tahun maupun cup cake. Untuk mendapatkan fondant ini kita bisa membeli adonan fondant yang sudah jadi tapi pastikan bahwa fondant itu halal karena dilihat dari bahan pembuatnya ada gelatin. Gelatin ini bisa dari sapi ataupun babi, makanya kita harus lebih hati-hati.
Kita juga bisa membuat sendiri adonan fondan yang sederhana caranya :

Bahan :
1. Gula halus 425 gr
2. Tepung maizena 75 gr
3. Gelatin 10 gr
4. Air 70 ml

Caranya:
Campurkan gelati dan air kemudian diamkan selama 10 menit lalu didihkan dengan api kecil angkat, campurka gula halus dan tepung maizena, uleni sampai kalis.

Ada lagi nih cara membuat fondan yang gak pakai gelatin
1. Mentega putih 60 gr
2. Air jeruk nipis 30 ml
3. Air 30 ml
4. Icing sugar 750 gr

Caranya :
Rebus dengan api kecil mentega, air jeruk, air sampai mendidih. Masukkan 250 gr icing sugar aduk sampai gula larut, angkat. Tambahkan icing sugar sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai menjadi adonan yang kalis dan teksturnya halus. Untuk menjadikannya bentuk yang bermacam-macam cukup tambahkan pewarna kue sesuai dengan selera.

Selamat mencoba..

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar